Tanda HP Android Terkena Malware (Virus Aplikasi Berbahaya)

Virus Android

 

Seperti komputer, virus juga berupa kode yang dikirim melalui aplikasi, email, atau bahkan pesan teks sekalipun. Secara teknisnya, kode komputer didefinisikan sebagai virus ketika kode itu menggandakan diri setelah perangkat terinfeksi kemudian menghancurkan data atau mencoba mengirim data ke perangkat lain.

 

Umum sih Android mendapatkan virus atau masalah lain melalui aplikasi, lampiran melalui email, pesan teks, bahkan web jahat. Akhirnya, apapun jenis virus yang masuk ke Android semuanya perlu penanganan.

 

Bukan cuma membatasi fungsi Android, virus juga bisa menyebabkan kerusakan yang lebih serius terhadap ponsel Android dengan menghapus data, mengumpulkan informasi pribadi, membuat (atau berusaha melakukan) pembelian yang nggak sah.

 

Malware

 

Program atau aplikasi kecil yang dirancang untuk merusak sebuah sistem atau untuk merugikan pengguna atau bisa disebut Malware. nah berikut ini beberapa jenis virus yang perlu diwaspadai karena bisa menyerang HP Android ;

  1. Adware: membuat iklan dengan tautan ke halaman web atau aplikasi yang bisa menyebabkan kerusakan atau pelanggaran keamanan. 

  2. Malware: mengambil alih fungsi android tertentu buat mencuri informasi pribadi, mengirim pesan teks, atau tindakan bermasalah lainnya 

  3. Ransomware: mengunci file atau aplikasi, lalu minta uang dari pengguna dengan imbalan membuka kuncinya. 

  4. Spyware: memantau aktivitas telepon pengguna buat tujuan tidak benar.

  5. Trojan Horse: menyambungkan dirinya ke aplikasi yang sah, lalu mengganggu operasi android.

 

Nah berikut ini genemil.com akan beritahu pada kamu apa-apa saja sih tanda-tanda Android yang sudah terkena virus,berikut penjelasannya:

 

  1. Ada aplikasi yang nggak pernah didownload sebelumnya. Periksalah daftar aplikasi untuk melihat apa ada aplikasi yang tidak dikenal.

  2. jika android kamu sering bermasalah kayak ngelag atau apalah gitu ada kemungkinan itu disebabkan karena virus

  3. Baterai lebih cepat habis daripada yang biasanya padahal pemakaian kamu biasa saja tapi baterai malah cepat habis.

  4. Banyak iklan-iklan mulai muncul dari biasanya

  5. Penggunaan data internet kamu sangat boros dari biasanya, kalau pemakai nya memang besar nggak papa nah lain ceritanya kalau pemakaian kamu biasa saja.

  6. Mendapatkan biaya SMS tambahan di tagihan. Ada beberapa malware mengirim pesan teks ke nomor premium, yang menaikkan biaya.