Proses Melahirkan Normal

 

Persalinan normal mengacu pada ibu yang melahirkan melalui vagina. Prosedur ini dilakukan ketika janin yang dilahirkan oleh ibu hamil sudah siap untuk dilahirkan. Proses melahirkan normal biasanya antara minggu ke 37-42. Persalinan normal akan ditandari dengan kontraksi otot rahim, yang secara bertahap membuka leher rahim. Otot-otot dasar panggul kemudian akan mendorong plasenta dan bayi keluar melalui vagina.

Tahapan Sebelum Melahirkan Normal

1. Fase laten

Masa laten berlangsung 8-12 jam. Fase ini terdiri dari kontraksi yang ringan setiap 5-30 menit selama 30-45 detik. Kontraksi ini menjadi semakin sering dan intens. Serviks juga akan terbuka perlahan 3-4 cm. Moms dapat melanjutkan aktivitas ringan di rumah, tetapi tetap mempertahankan nutrisi penting dan selalu mencatat kontraksi.

2. Fase aktif

Fase ini berlangsung 3-5 jam, Biasanya selama 45-60 detik setiap 3-5 menit. Serviks melebar sekitar 4-7 cm. Moms disarankan untuk segera ke rumah sakit untuk mengukur tekanan darah, denyut nadi dan suhu tubuh, dan memantau detak jantung janin. Pemeriksaan panggul juga dilakukan untuk menentukan tingkat kontraksi. Bius epidural terkadang diberikan untuk mengurangi nyeri kontraksi.

3. Fase transisi

Fase ini terjadi sekitar 30 menit – 2 jam. Selama tahap ini, kontraksi kuat dan sering sehingga menyebabkan rasa sakit. Leher terbuka 8-10 cm. Akan ada desakan untuk segera mengeluarkan janin namun tetap harus berdasarkan arahan dokter karena serviks yang belum terbuka sempurna dapat memperlambat proses persalinan dan serviks bengkak.

Proses Melahirkan Normal

Pada kelahiran normal ini dikenal sebagai kala 2 di mana serviks sudah terbuka 10 cm. Kala 2 dapat berlangsung hingga 2 jam dan kontraksi pada fase ini berlangsung sekitar 60-90 detik dan menghilang setiap 2-5 menit.

Moms akan merasakan banyak tekanan pada proses ini namun sebaiknya mengejan mengikuti arahan dokter. Jika janin tidak terdorong, dokter akan menyarankan ibu untuk mengubah posisi. Dokter akan meresepkan obat untuk meningkatkan kontraksi apabila kontraksi kurang kuat.

Dokter akan menggunakan alat khusus untuk menghisap lendir, darah, dan cairan ketuban dan Moms tetap disuruh mengejan untuk mengeluarkan tubuh bayi dengan sempurna. bayi akan diserahkan ke Ibu untuk dilakukan inisiasi menyusui dini dan agar terjalin ikatan antara ibu dan anak.

Moms masih harus mengeluarkan plasenta atau ari-ari yang merupakan kala 3. Kontraksi masih akan terjadi yang bertujuan untuk mengeluarkan ari-ari dari dalam rahim. Proses ini biasanya berlangsung sekitar 20 menit.

Sebaiknya jauh hari sebelum persalinan, Moms harus sudah mencari dokter kandungan yang akan membantu proses persalinan. Kehamilan Sehat memiliki layanan persalinan normal dengan pelayanan yang lengkap dan layanan 24/7 tentunya dengan harga kompetitif. Ayo cek di sini!