Penyebab Mobil Sering Macet

Mobil baru mau pun mobil lama kerap mengalami masalah, biasanya disebabkan oleh berbagai faktor. Namun terkadang banyak pemilik mobil belum menyadari penyebab masalah pada mobil tersebut. Salah satu masalah yang kerap terjadi yakni mobil sering macet yang menandakan bahwa ada masalah tertentu pada kendaraan tersebut. Lantas, apa penyebab mobil sering macet?

Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan diatas, maka anda perlu memahami hal-hal yang memicu kondisi mobil macet. Untuk lebih jelasnya, saya akan membagikan ulasan mengenai penyebab mobil sering macet seperti berikut ini.

 

Penyebab Mobil Sering Macet

1.Oli Gearbox Menipis

Kondisi pertama yang sebaiknya anda periksa ketika mobil anda sering macet adalah bagian gearbox. Yang mana gearbox pada transmisi mobil ini mempunyai peran penting yakni sebagai komponen untuk mengontrol atau mengatur kendali mobil itu sendiri.

Pada gearbox ini tentu terdapat pelumas khusus yang akan memberikan kelancaran di setiap prosesnya. Apabila oli atau pelumas transmisi habis tentu akan membuat transmisi mobil menjadi sulit untuk dikendalikan.

Inilah yang menjadi penyebab mobil sering macet ketika anda mengendarainya terutama saat anda ingin memasukkan gigi.

Maka dari itu, pastikan oli pada gearbox masih dalam batas volume standar dan kondisi yang normal untuk mencegah terjadinya masalah gearbox macet yang memicu mesin mobil macet.

2.Jarang Memanaskan Mesin

Perlu anda ketahui bahwa kondisi mesin mobil yang jarang anda panaskan akan menjadikan mobil tersebut mudah mogok secara tiba-tiba.

Ini merupakan hal yang wajar sebab mesin mobil yang jarang dipanaskan maka komponen yang ada didalamnya akan saling bertabrakan dan membuat gesekan kasar sebab oli atau pelumas tidak melumasi secara rata pada sela-sela komponen tersebut.

Maka dari itu, kondisi ini bisa menjadi penyebab mobil sering macet karena gesekan seret dan kasar. Sangat disarankan bagi anda untuk memanaskan mobil secara rutin, terlebih di pagi hari setidaknya  menit.

3.Radiator Bermasalah

Salah satu masalah yang mengakibatkan mobil sering macet yakni kondisi radiator yang mengalami penurunan volume cairannya. Hal ini terjadi karena cairan radiator mobil berperan dalam menstabilkan suhu mesin ketika mobil dikendarai.

Apabila cairan radiator mobil anda tidak bisa mengendalikan suhu panas dari mobil, maka ini akan membuat mobil mengalami overheat. Kondisi ini yang memicu terjadinya kemacetan pada mesin mobil akibat suhu di dalam mesin mobil tersebut sangat panas.

Dari sini sudah jelas bahwa peran serta fungsi radiator bagi mobil anda sangatlah penting dan anda perlu memperhatikan perawatannya. Usahakan untuk memeriksa radiator secara rutin dan memastikan volume cairannya dalam keadaan standar. Dengan demikian, radiator bisa memaksimalkan proses pendingan.

4.Ada Kotoran Pada Ruang Bahan Bakar

Faktor yang juga berpengaruh sebagai penyebab mobil sering macet yaitu kotoran yang menyumbat tangki bahan bakar. Kotoran ini bisa mengakibatkan penyumbatan pada selang penghubung ruang pembakaran dan tangki bahan bakar atau bensin.

Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi anda untuk rajin menguras bagian tangki tersebut untuk mencegah resiko pengelupasan kerak yang memicu terjadinya penyumbatan pada area selang sirkulasi bensin.

Nah, itu tadi beberapa penyebab mobil sering macet yang sebaiknya anda ketahui terutama jika mobil anda sering mengalami kendala yang sama. Banyak sekali faktor yang menyebabkan mobil mengalami masalah sering mogok atau macet sehingga anda harus merawat mobil anda dengan baik agar mobil bisa berfungsi secara normal seperti baru.