Manfaat Menggunakan Assessment Center Berbasis Online Bagi Perusahaan

Banyak diantara perusahaan yang nyatanya mulai upgrade diri menggunakan layanan berbasis digital semenjak masa pandemi ini. Karena memang ada banyak diantara pekerjaan yang bisa dilakukan secara online, juga untuk keamanan bagi karyawan mereka, karena jika bekerja dari rumah akan mengurangi kontak antara yang satu dengan yang lainnya. Bagaimanapun juga SDM ini termasuk dalam aset penting bagi sebuah perusahaan dan turut mempengaruhi kemajuannya. Dalam proses perekrutan karyawan baru misalnya sekarang ini banyak yang sudah menggunakan assessment center berbasis teknologi atau online.

Apalagi sekarang ini juga cukup banyak diantara platform yang nyatanya menyediakan layanan tersebut. Perusahaan hanya tinggal pilah-pilih dan menjalin kerjasama dengan mereka saja, sehingga bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk kebutuhan penilaian calon karyawan baru, maupun juga digunakan untuk menilai kinerja dari karyawan lama yang mungkin akan mendapatkan promosi jabatan nantinya. Mengingat memang alat yang satu ini cukup mudah untuk digunakan dengan hasil penilaian yang jauh lebih obyektif.

Bahkan sebenarnya dengan memanfaatkan assessment center yang berbasis online ini ada begitu banyak manfaat yang akan dirasakan oleh perusahaan diantaranya adalah:

  1. Praktis, menjadi lebih mudah dalam proses perekrutan karyawan baru, jika dulunya harus ada jadwal untuk melakukan sesi screening awal, hal ini tentunya memakan cukup banyak waktu dan tenaga. Maka sekarang ini untuk proses screening awal tersebut cukup dilakukan dengan bantuan dari teknologi atau tools yang sudah ada, maka nantinya hasil sudah bisa langsung didapatkan, mendapatkan hasil diantaranya calon kandidat yang potensial dan juga tidak.
  2. Hemat biaya, faktanya dengan pemakaian tools ini juga bisa membuat perusahaan menjadi jauh lebih hemat pengeluaran, proses perekrutan karyawan baru selalu memakan banyak waktu dan tenaga, perusahaan juga harus mengeluarkan biaya lebih untuk hal yang satu ini. namun dengan adanya tools maka Anda cukup membayar biaya untuk pemakaian dari tools tersebut dan melihat hasilnya.
  3. Jadi lebih obyektif, penilaian dengan menggunakan alat hasilnya memang jauh lebih obyektif dan akurat dibandingkan dengan penilaian dengan menggunakan tenaga SDM langsung. karena memang mereka berbasis pada data-data yang sudah ada, bukan mengandalkan perasaan atau subyektifitas, inilah yang sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan.
  4. Menghindari KKN, faktanya memang sebagian banyak perusahaan yang ada di Indonesia, baik itu yang skalanya kecil maupun besar sering kali mengadakan KKN, dimana tak jarang mereka hanya memasukkan orang-orang yang termasuk kenalan, saudara ataupun teman untuk bekerja di perusahaan yang sama, penilaian pastinya juga dilakukan secara subyektif bukan. Namun dengan adanya alat atau tools yang satu ini maka akan sangat membantu karena memang bentuk penilaian didasarkan pada teknologi, sehingga ada jaminan hasilnya lebih obyektif, berguna untuk mengurangi resiko kecurangan yang ada atau KKN.

Assessment center berkualitas bisa Anda percayakan kepada platform Prasmul-ELI. Memang belakangan ini kian banyak diantara platform yang bergerak di bidang semacam ini. namun pastikan bahwa Anda hanya memilih yang terpercaya layaknya Prasmul-ELI, apalagi jika seandainya melihat dari segi layanan yang mereka miliki sendiri juga sangat banyak, tak sekedar assessment online saja, melainkan juga ada beberapa program training yang dapat dipilih untuk meningkatkan skill atau kemampuan dari karyawan maupun non karyawan. Untuk informasi yang lebih lengkapnya maka Anda bisa langsung saja cek di website resmi mereka.