Macam-macam Protein dan Setiap Fungsinya

Protein merupakan molekul kompleks untuk membantu tubuh menjalankan fungsinya secara optimal. Protein ditemukan dalam banyak jenis makanan seperti daging sapi, ayam, kacang-kacangan, telur, ikan, dan udang. Ada macam-macam protein dalam tubuh dengan fungsi yang berbeda.

Jenis dan Fungsi Protein

1. Protein Enzim

Menurut para ahli NIH, enzim melakukan hampir setiap seribu reaksi kimia yang terjadi di dalam sel. Mereka membaca informasi genetik yang tersimpan dalam DNA untuk membantu membentuk molekul baru.

Protein enzim juga berfungsi untuk membentuk enzim, zat yang mendukung proses reaksi kimia dalam tubuh. Misalnya, enzim diproduksi untuk mengubah karbohidrat, protein, dan lemak menjadi bentuk sederhana yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh.

2. Protein Struktural

Fungsi protein struktural adalah mempertahankan struktur dan membangun struktur tubuh pada tingkat sel. Protein ini menyediakan struktur dan dukungan untuk sel. Misalnya, protein kolagen, yang merupakan komponen utama dari tendon, tulang rawan dan kulit. Protein keratin juga berperan dalam pembentukan struktur kulit, kuku, rambut dan gigi. Pada skala yang lebih besar, protein struktural juga memungkinkan tubuh bergerak.

3. Protein Hormon

macam-macam protein yaitu protein hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur aksi dan fungsi hormon dalam tubuh. Setiap hormon mempengaruhi setiap sel tertentu untuk mengkoordinasikan proses metabolisme tubuh. Misalnya, organ di pankreas yang menghasilkan hormon insulin, yang mengatur kadar gula darah.

4. Protein Antibodi

Protein antibodi juga disebut protein pertahanan. Fungsi dari protein ini adalah untuk mengikat partikel asing tertentu seperti virus dan bakteri untuk melindungi tubuh. Protein ini berperan sebagai komponen pembentuk antibodi di dalam tubuh. Misalnya, antibodi fibrinogen dan trombin membantu proses pembekuan darah, mencegah pendarahan setelah cedera, dan mempercepat penyembuhan luka.

5. Protein Transport

Protein transport untuk mengikat dan mengangkut atom dan molekul kecil di dalam sel dan ke seluruh tubuh. Misalnya, hemoglobin mengikat oksigen dan mengantarkannya ke jaringan tubuh yang membutuhkan. Contoh lain adalah lipoprotein, yang membantu mengangkut lipid dalam tubuh.

6. Protein Pengikat

Protein ini digunakan oleh tubuh untuk menyimpan asam amino dan ion logam yang dibutuhkannya. Protein ini juga berfungsi sebagai penyimpan makanan yang menyuplai tubuh dengan energi saat dibutuhkan. Misalnya, ada protein feritin, yang menyimpan dan mengatur kadar zat besi dalam tubuh.

7. Protein Penggerak

Protein penggerak untuk menggerakkan otot-otot dalam tubuh, misalnya mengatur kekuatan dan kecepatan jantung dan otot saat berkontraksi. Protein ini terlibat dalam transportasi nutrisi intraseluler, susunan genetik, pembelahan sel, dan koordinasi otot.

Inilah macam-macam protein yang ada dalam tubuh yang tentunya memiliki fungsinya masing-masing. Maka dari itu sangat penting untuk memenuhi kebutuhan protein setiap harinya agar setiap organ tubuh bisa bekerja dengan baik. Penuhi kebutuhan protein setiap harinya dengan mengonsumsi produk dari Nestle seperti susu, minuman cokelat, snack, dan lainnya.