Lead Adalah? Pengertian, Manfaat dan Cara Ampuh Mendapatkannya

Digital marketing punya banyak konsep dan strategi yang berbeda.  Salah satu di antaranya adalah konsep lead generation, yang berkaitan dengan proses pengambilan keputusan oleh pelanggan. Lead adalah orang yang memiliki ketertarikan pada produk dan berpotensi besar untuk menjadi pelanggan.

Pengertian Lead

Seperti dijelaskan sebelumnya, lead merupakan kelompok orang yang tertarik pada suatu produk, dan berpotensi untuk diubah menjadi pelanggan. Misalnya, saat Anda mendapat penawaran suatu produk, bisa jadi hal ini diakibatkan karena sebelumnya Anda memiliki minat terhadap produk tersebut. Info yang ditinggalkan seperti kontak, email dan sebagainya merupakan bentuk ketertarikan yang Anda tunjukkan. Bekal informasi inilah yang bermanfaat untuk pelaku bisnis dalam meningkatkan potensi penjualan.

Mendapatkan lead bisa dikatakan gampang-gampang sulit. Ada banyak hal yang harus disiapkan, misalnya kebutuhan lead generation. Lead generation bisa menyeleksi lead berkualitas yang berpotensi menjadi pelanggan Anda. Beberapa metode yang sering dipakai antara lain blog, freebies, kupon, dan lain-lain.

Macam-Macam Lead

Setidaknya ada tiga macam lead yang dikenal dalam digital marketing, antara lain:

1.      Service Qualified Lead

Merupakan lead yang pernah mencoba versi gratis / trial dari layanan yang ditawarkan. Nantinya, jika ingin lanjut menggunakan layanan tersebut maka mereka akan upgrade ke versi premium atau melakukan pembelian secara penuh.

2.      Sales Qualified Lead

Merupakan lead yang berpotensi membeli produk sales yang ditawarkan oleh pemberi produk. Kebanyakan SQL adalah pelanggan yang sangat berpotensi untuk melakukan pembelian.

3.      Marketing Qualified Lead

MQL adalah orang yang pernah mencoba layanan promosi namun potensi untuk membelinya belum terlalu besar.

Manfaat Lead Generation

Dari penjelasan sebelumnya, kita bisa tahu bahwa lead adalah kumpulan orang yang berpotensi menjadi pelanggan Anda. Dengan menggunakan lead generator, Anda bisa mengoptimalkan bisnis untuk lebih maju dan berkembang. Berikut beberapa manfaat lead yang akan didapatkan.

  • Memberi filter terbaik dalam menjaring orang-orang yang tertarik dengan produk / layanan Anda.
  • Memudahkan Anda dalam menyaring calon pelanggan dari informasi yang diperoleh.
  • Memudahkan proses promosi untuk menggaet orang yang tertarik dengan produk / layanan Anda.
  • Memudahkan Anda dalam menghubungi pelanggan berbekal informasi kontak yang mereka
  • Strategi marketing yang efektif untuk membuat pelanggan merasa yakin terhadap suatu produk /

Cara Meningkatkan Lead

Banyak strategi yang bisa dipakai untuk meningkatkan lead, seperti:

·         Paid Advertising

Penggunaan paid advertising seperti SEM (Search Engine Marketing) dan pay per click terbukti efektif dalam meningkatkan jumlah leads. Cara ini mengoptimalkan promosi produk karena Google akan memprioritaskan website Anda agar tampil di halaman pertama. Dengan begitu, besar kemungkinan untuk orang masuk ke website Anda dan melakukan pembelian.

·         Landing Page

Landing page adalah layanan mengumpulkan lead berdasarkan informasi kontak, email, dan juga nomor telepon. Nah, agar membuat pelanggan tertarik maka landing page dibuat semenarik mungkin dan sekreatif mungkin.

·         Social Media Marketing

Iklan lewat media sosial digunakan sejak lama oleh pelaku bisnis digital. Nantinya, produk ditawarkan di platform media sosial berdasarkan potensi pasar yang dimiliki. Selain meningkatkan brand awareness, social media marketing berpotensi besar menambah jumlah lead untuk produk Anda.

Intinya, lead adalah salah satu aspek terpenting dalam dunia digital marketing. Nah, jika ingin meningkatkan lead untuk bisnis Anda maka bisa menghubungi Cv. Exito Bali. Perusahaan ini menawarkan jasa SEO di bali terbaik lewat beberapa layanan yang diberikan. Selain layanan yang baik, CV. Exito Bali berpengalaman dalam mengembangkan bisnis dan membantu meningkatkan penjualan.