Lapisan Dasar Cat Tembok untuk Hasil yang Tahan Lama!

Anda pasti sering memperhatikan desain rumah dan warna cat rumah orang lain ketika melewati rumah orang tersebut. Entah karena bentuk rumahnya yang bagus atau warna cat temboknya nya yang sesuai. Warna cat bangunan terutama rumah menjadi hal penting yang perlu diperhatikan material dasarnya karena dapat mempengaruhi ketahanan warna dan retakan rumah anda. Selain material, perlu memperhatikan juga jenis cat yang akan anda gunakan. 

cat tembok

Jika rumah orang yang Anda lihat memiliki warna yang tahan lama dan tidak terkelupas, ada kemungkinan pengecatan yang dilakukan menggunakan beberapa lapisan cat dasar yang penting namun sering dilupakan. Salah satunya adalah cat dasar tembok. cat dasar ini sering sekali dilupakan karena menurut kebanyakan orang cat ini tidak menjadi cat wajib yang digunakan sebelum menggunakan cat tembok warna lain atau menutupi warna cat sebelumnya. Pengunaan cat dasar ini bukan tanpa sebab karena kegunaan dari cat dasar ini adalah mempermudah cat tambahan untuk menempel mengingat tekstur tembok dan memiliki pori-pori yang berbeda sehingga penggunaan cat tambahan dapat menempel merata dan menyeluruh. 

Cat Primer memiliki beberapa jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan bangunan Anda. Ada yang berguna untuk menahan air, jamur dan sebagainya. Beberapa jenis cat dasar ini perlu Anda ketahui untuk menyesuaikan kebutuhan tembok Anda, yaitu:

1. Alkali Killer Oil.

cat ini sering disebut sebagai cat dasar berbahan minyak yang terdiri dari emulsi acrylic yang memberi perlindungan terhadap cuaca yang tidak menentu. cat ini juga menghaluskan permukaan tembok apalagi jika tembok tersebut masih dalam keadaan baru maka hasil warna tembok tambahan akan lebih terlihat dan tahan lama.

2. Waterproffing Sealer Primer.

Cat jenis ini cocok untuk rumah yang memiliki suhu lembab. Penggunaan cat ini paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang mengingat bahwa wilayah Indonesia memiliki musim hujan yang sering mengakibatkan air merembes dan bocor didalam rumah. 

3. Wall Sealer Primer.

Merupakan cat yang menjadi lapisan dasar untuk tembok yang telah pernah digunakan cat tambahan lainnya. cat ini akan berfungsi memberi rekatan kepada cat baru yang akan diaplikasikan.

Jika Anda tinggal ditempat yang bercuaca dingin maka penggunaan cat primer berbahan dasar Waterproffing Sealer Primer menjadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan bangunan Anda. Penggunaan cat primer terkadang masih meninggalkan sisa dari penggunaan sebelumnya. Untuk menjaga agar cat tersebut bisa digunakan dikemudian hari, maka berikut beberapa cara menyimpan cat agar tidak kering yaitu:

Jika cat yang tersisa masih sedikit, maka pindahkan cat ke tempat yang lebih kecil dan pastikan bibir wadah bersih agar tutup wadah menjadi rapat sehingga udara tidak masuk. Wadah yang digunakan tidaklah kaleng logam melainkan wadah plastik untuk menghindari karatan pada kaleng logam tersebut.

Beberapa orang mengatakan bahwa memasukan kelereng kedalam wadah cat dapat mempertahankan kekentalan cat tersebut. 

Gunakan plastic wrap untuk mempertahankan kekuatan penutup wadah agar menghindari karatan wadah tersebut. Alasan lain karena plastik wrap mempertahankan cat yang ada didalam wadah dari udara yang masuk.

Simpanlah wadah tersebut ditempat yang jauh dari paparan cahaya matahari dan pastikan tempat untuk menyimpan cat tersebut kering.

Demikianlah cara menyelamatkan cat sisa yang Anda miliki agar dapat digunakan lagi nantinya. Pemilih cat primer dan penyimpanan sisa cat yang tepat membantu cat bertahan lama dan tentunya pengeluaran Anda menjadi lebih kecil.