Langkah Mudah Menambahkan QRIS Payment Pakai Xfers!

Dalam aktivitas perbelanjaan sehari-hari, metode pembayaran QRIS bak “primadona” cashless payment. Bagaimana tidak? Cara pembayaran yang satu ini hanya memerlukan fitur scan dari HP dan voila, proses pembayaran Anda selesai dalam waktu singkat!

Proses yang cepat dan praktis membuat QRIS menjadi pilihan utama untuk melakukan berbagai proses pembayaran. Selain itu, opsi pembayaran QRIS memiliki beragam manfaat baik dari sisi pebisnis maupun konsumen. Tertarik untuk mengaplikasikan metode QRIS dalam bisnis Anda? Simak caranya di bawah ini!

 

Langkah Mudah Menambahkan QRIS Payment Pakai Xfers!

Quick Response Code Indonesia Standard atau QRIS adalah sebuah metode pembayaran cashless (nontunai) dengan menerapkan standar Bank Indonesia (BI). Layanan pembayaran ini diusung oleh BI bersama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) berdasarkan standar penggunaan QR Code internasional yang  disusun oleh EMVCo.

Mengingat kecanggihan dan keamanannya, tak heran jika opsi pembayaran yang satu ini ramai digunakan oleh ribuan pelaku usaha di berbagai daerah. Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan QRIS Payment, berikut informasi lengkap tentang QRIS sekaligus cara mengaplikasikannya dalam bisnis Anda!

 

2 Jenis QRIS yang Dikembangkan BI

Sebelum menuju pembahasan tentang tutorial mengaplikasikan QRIS, Anda harus mengetahui jenis-jenis QRIS yang dikembangkan oleh Bank Indonesia. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa mengira-ngira: Jenis QRIS manakah yang lebih cocok diterapkan dalam bisnis Anda?

 

QRIS Statis

Sesuai namanya, QRIS yang satu ini bersifat statis. Artinya, bentuk QR Code-nya tidak akan berubah berapa pun total pembayarannya, karena pembeli akan memasukkan nominal secara manual pembayaran sesuai jumlah pesanan. Bentuk dari QR ini dapat berupa stiker atau pamflet yang diberikan kepada pemilik merchant.

Kekurangan dari QR Statis adalah meningkatkan potensi terjadinya kesalahan dalam memasukkan nominal pembayaran karena dilakukan secara manual oleh pembeli.

 

QRIS Dinamis

Berbeda dengan QR Statis di mana pembeli harus memasukkan nominal pembayaran secara manual, QR Code dengan sistem dinamis ini memungkinkan pembuatan kode QR “custom” yang dibuat dengan menyesuaikan nominal transaksi yang terjadi. Tak heran jika pada QRIS dinamis, jumlah uang yang harus dibayar akan muncul secara otomatis.

 

Baik QR Statis maupun Dinamis, keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, tinggal menyesuaikannya dengan keperluan dan kepentingan bisnis Anda.

 

Tutorial Mengaplikasikan Pembayaran QRIS ke Bisnis Anda, Praktis Pakai Xfers!

Lantas, bagaimanakah cara untuk mengadopsi pembayaran QRIS untuk kepentingan bisnis? Simak langkah-langkahnya  di bawah ini!

  1. Kunjungi laman resmi Xfers di www.xfers.com,

  2. Klik tombol Sign Up untuk membuat Business Account baru

  3. Isi form yang muncul dengan informasi yang diperlukan Xfers mengenai bisnis Anda dan jangan lupa unggah dokumen persyaratan untuk keperluan verifikasi akun

  4. Terakhir, tim Xfers akan mengirimkan Service Agreement Letter kepada Anda, dengan waktu yang dibutuhkan sekitar 1-5 hari kerja saja. Setelah itu, QRIS yang Anda buat bisa langsung dipakai untuk menerima pembayaran.

 

Nah, demikian penjelasan tentang cara mengaplikasikan QRIS sebagai salah satu opsi pembayaran dalam bisnis Anda. Mudah dan praktis, bukan? KLIK DI SINI untuk mempelajari lebih lanjut mengenai solusi pembayaran QRIS oleh Xfers.