Lakukan Tips Ini Agar Badan Anda Tetap Sehat Di Hari Tua!

Menjadi lansia memang menjadi masa yang akandilanjutkan oleh kita. Kita tidak akan selamanya muda dan energik, pasti akan ada masanya kita akan lemas dan tidak berdaya. Akan tetapi menjadi lansia yang energic dan tetap sehat tentunya adalah impian setiap orang. Energic dan sehat akan anda rasakan apabila di imbangi dengan asupan nutrisi dan pola hidup yang sehat juga. Berikut akan kami paparkan tips mengatasi masalah kesehatan pada lansia agar hidup anda lebih sehat di hari tua.

Rutin berjalan kaki 30 menit setiap harinya

Olahraga secara teratur akan memberikan manfaat sehat yang sangat besar. Hal ini membantu anda dalam menjaga sel – sel otak tetap sehat karena memberikan lebih banyak darah dan oksigen. Selain itu dengan berjalan kaki 30 menit setiap harinya akan mengurangi anda dari resiko penyakit Alzheimer, jantung, diabetes, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Dengan melakukan olahraga ini juga akan membantu dalam mengatasi masalah kesehatan yang biasa terjadi pada lansia seperti mengontrol berat badan, meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik, menjaga tulang dan otot tetap kuat dan membuat tidur anda lebih berkualitas.

Perhatikan makanan yang anda konsumsi

Ketika sudah memasuki usia lansia maka anda tidak akan bisa seperti ketika anda masih muda. Pun begitu terkait dengan makanan yang anda konsumsi, anda tidak akan mudah mengkonsumsi makanan seperti ketika anda muda. Anda dapat mengkonsumsi sayuran, buah – buahan, biji – bijian utuh, kacang – kacangan serta susu rendah lemak guna meminimalisir masalah kesehatan pada lansia terjadi pada anda. Selain itu dengan mengkonsumsi sedikit daging berlemak, mentega, gula, garam dan makanan kemasan akan membantu dan melindungi anda dari penyakit jantung, kanker, Parkinson dan Alzheimer.

Selain itu anda yang sering menyemil makanan anda dapat mengganti roti putih anda dengan gandum utuh. Anda juga bisa menambahkan kacang merah ke dalam sup ataupun irisan apel ke dalam salad anda. Serat yang tinggi akan membuat anda kenyang lebih lama serta membantu mengurangi kadar kolesterol dalam diri anda. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan yang terjadi pada tubuh lansia anda.

Pastikan anda tetap terhubung dengan keluarga ataupun teman anda

Kesepian merupakan hal yang berbahaya bagi anda. Saat merasa kesepian anda akan beresiko mengalami demensia dan depresi. Orang yang kesepian juga mempunyai kadar hormone stress yang lebih tinggi oleh karena itu jagalah hubungan anda dengan orang lain. Anda dapat bergabung menjadi seorang sukarelawan agar tetap terhubung dengan orang lain.

Berhentilah merokok

Seperti dalam iklannya, kebiasaan merokok akan merusak hamper semua organ di dalam tubuh anda. Kandungan nikotin pada rokok akan menyebabkan penyakit jantung, paru – paru serta banyak masalah kesehatan pada lansia lainnya. Oleh karena itulah, berhentilah merokok. Tubuh anda akan membaik 20 menit setelah anda mengkonsumsi rokok terakhir anda sehingga peluang terketa serangan jantung tentunya juga akan berkurang.

Itulah tips tips ringan dalam mengatasi masalah kesehatan pada lansia yang dapat anda lakukan. Dengan mengikuti arahan – arahan itu maka mendapatkan tubuh yang sehat dan energic bukanlah hal yang mustahil.