Kondisi Air Terjun Jeruk Manis yang Mulai Ramai Dikunjungi

Kondisi Air Terjun Jeruk Manis

Air Terjun Jeruk manis, merupakan salah satu wisata air terjun yang namanya cukup terkenal di daerah Lombok Timur. Sejak dulu air terjun ini memang sudah ramai dikunjungi wisatawan, namun terjadi penurunan derastis sejak masa beredarnya wabah virus Covid19.

Setelah berkurangnya penyebaran wabah ini, pengunjung dari berbagai kalangan dan daerah mulai kembali berdatangan ke kawasan wisata Air Terjun Jeruk Manis yang berada di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur ini.

Sejak 1 minggu belakangan ini terpantau puluhan pengunjung berdatangan untuk menikmati keindahan destinasi ini setiap harinya.

Sebagian besar pengunjung yang datang juga masih mematuhi berbagai aturan protokol kesehatan demi kenyamanan proses liburan mereka.

Salah seorang warga sekitar Pak Sugir mengatakan “walaupun masa covid tetap ada pengunjung, tapi ya sedikit, kan orang-orang juga butuh berwisata, suntuk kalau di rumah terus, apalagi ini Jeruk Manis keren pemandangannya, jadi tidak heran kalo banyak orang masih nekat kesini”.

Penyataan tersebut menandakan bahwa pesona Air Terjun Jerman ini masih banyak diminatai oleh para traveler, bukan hanya wisatawan lokal, tapi bahkan domestik dan wisatawan mancanegara.

Dari salah satu sumber terpercaya, kami dapatkan informasi bahwa air terjun ini memeiliki berbagai daya tarik yaitu:

1. Keindahan air terjun ini yang menjulang tinggi
2. Suhu airnya yang terkenal sangat dingin dan menyegarkan
3. Jalur trekking yang indah melwati tengah hutan
4. Terdapat pohon unik yang banyak menyita perhatian wisatawan
5. Satwa seperti monyet yang berkeliaran
6. Tersedia Camping Ground yang nyaman
7. Air terjun yang dipercaya dapat menyuburkan rambut

Dengan daya tarik tersebut, wajar saja jika banyak wisatawan yang tergoda untuk melanggar aturan protokol kesehatan demi menikmati pesona alam yang indah ini.

Penjagaan di seikitar area wisata juga tidak terlalu ketat terkait hal ini, jadi wisatawan masih bisa bebas.

Untuk Masuk ke tempat ini pengunjung perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang. Tentu harga ini terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan pesona keindahan yang disajikan.

Namun ada tantangan untuk sampai ke Lokasi Air Terjun Jeruk Manis, pengunjung harus berjalan kurang lebih sejauh satu setengah kilo meter di tengah hutan.

Namun tentu ini bukan jadi masalah bagi kalian para pencinta wisata sejatai, kalian bisa memanfaatkan jalur trekking ini sebagai sarana petualangan kalian.

Saat ini kondisi Air Terjun Jeruk Manis ini masih terbilang layak dikunjungi, walaupun ada beberapa fasilitas yang kurang terawat, mungkin saja karena sempat sepinya pengujung, hingga pengelola juga merasa malas untuk merawat fasilitasnya.

Tapi overall masih sangat ok sih jadi tujuan wisata selanjutnya.

Refrensi:

Infromasi terkait wisata Air Terjun Jeruk Manis didapatkan dari website Your Trip pada konten tentang Air Terjun Jeruk Manis.

link sumber : https://yourtrip.id/air-terjun-jeruk-manis/