Keunggulan Jilid Spiral Kawat yang Perlu Anda Ketahui

 

Jilid spiral kawat termasuk salah satu jenis teknik penjilidan yang tersedia di usaha percetakan. Terdapat beberapa kelebihan dan keunggulan jenis jilid ini yang membedakannya dengan jenis lainnya. Sehingga tak heran jika banyak jenis buku yang dijilid dengan spiral kawat.

Keunggulan Spiral Kawat

Sebelum memutuskan jenis jilid apa yang paling tepat digunakan saat membawa dokumen ke jasa cetak buku terpercaya, maka ketahui terlebih dahulu keunggulan jilid spiral kawat. Meskipun memang lebih mahal, namun dengan keunggulan yang dimiliki maka sangat worth it. Berikut beberapa di antaranya:

1. Tampilan Lebih Profesional

Jilid kawat spiral dapat membuat tampilan bundel atau buku  jadi terlihat lebih profesional dan menimbulkan kesan rapi serta elegan. Sehingga tak heran jika banyak yang menggunakannya untuk dokumen penting dan berharga.

2. Dapat Dibuka dengan Sempurna

Keunggulan lain yang dimiliki jilid kawat spiral adalah setiap lembaran bundelnya dapat dibuka dengan sempurna dibandingkan dengan jilid plastik atau staples. Karena biasanya jenis jilid lainnya meninggalkan bekas tekukan yang tekadang bisa membuat buku jadi lebih cepat rusak.

Selain itu, halaman pun jadi kurang bisa dibuka dengan sempurna dan kurang nyaman dipegang ketika ditekuk. Dengan  menggunakan jiid spiral kawat, aka kertas dokumen di dalam bundle pun jadi lebih awet dan nyaman dibaca.

3. Mampu Menjilid Hingga Ratusan Lembar

Kawat spiral mampu menyatukan bundel dokumen lebih maksimal hingga ratusan lembar. Tentu berbeda dengan jenis jilid stapler yang hanya mampu menjilid puluhan lembar saja. Sehingga jenis jilid ini sangat direkomendasikan untuk membundel dokumen yang dicetak dengan kertas tebal.

4. Membuka Dokumen dengan Lebih Leluasa

Jenis jilid kawat spiral dapat memberikan keleluasaan daam menghemat ruang di atas meja terlebih lagi ketika ditekuk. Karena mskipun ditekuk, lembar halaman masih bisa dibuka dengan sempurna dan lebih luas. Bahkan bagian belakang cover bisa dipindahkan tanpa menekuknya dengan paksa.

Dari berbagai keunggulan jilid spiral kawat di atas, maka bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin memilih jenis penjilidan ini.