Kelebihan Tiktok Sebagai Media Promosi

TikTok adalah sebuah media sosial yang membuat penggunanya dapat mengunggah video dengan durasi 15-60 detik, dimana video tersebut mempunyai musik atau dialog. Dimulai dari sebuah aplikasi untuk berbagi sebuah video, saat TikTok juga bisa dipakai untuk menjual suatu produk atau jasa.

Dikutip dari hootsuite.com, TikTok sudah diunduh sebanyak 1,7 miliar kali, diinstal sebanyak 821 juta kali pada tahun 2020, dan mempunyai 900 juta pemakai aktif pada Oktober 2020. Data tersebut memperlihatkan betapa terkenal dan berkembangnya TikTok. Kepopulerannya bisa dijadikan peluang unutuk sejumlah marketer atau pengusaha dalam memperkenalkan serta mempromosikan brandnya melalui TikTok.

Kemudian, apa saja keunggulan promosi menggunakan TikToksebagai sebagai media promosi? Simak penjelasannya di bawah ya!

1. Mempunyai banyak pengguna

TikTok mempunyai sebanyak 800 juta pengguna aktif. Rata-rata pengguna TikTok menggunakan aplikasi ini sebanyak 8 kali dalam sehari. Hal ini memperlihatkan bahwa TikTok termasuk sosial media yang sangat populer. Menjual produk melalui TikTok dengan konten yang menarik serta hashtag yang tepat dapat membuat produk atau brand mu dilihat banyak orang. Bahkan, sekarang di TikTok juga sudah banyak influencer atau yang biasa dikenal dengan seleb TikTok.

2. Fitur TikTok sangat dipakai

Tidak seluruh orang mempunyai keterampilan untuk mengedit video, TikTok mempermudah penggunanya dengan menyediakan beberapa alat seperti, start dan stop record, timer, dan lainnya. Tak hanya itu, TikTok juga mempunyai beragam jenis filter visual, efek waktu, green screen, transisi, stiker, teks, emoji, GIF, serta masih banyak lagi. Kamu juga dapat menambahkan musik ataupun voice over di video Kamu. Ada juga fitur live seperti sosial media lainnya.

3. Populer di kalangan remaja

Jika target market dari produk yang Anda jual menarget usia remaja, maka Kamu juga harus melakukan promosi pada TikTok. Dikutip dari sindonews.com (02/20), Donny Eryastha, Head of Public Policy TikTok Indonesia mengatakan kalau pemakai TikTok di Indonesia lebih didominasi oleh generasi Y dan Z yang memiliki usia 14 sampai 24 tahun. Selain itu, generasi milenial juga adalah generasi yang lebih konsumtif serta lebih impulsif, oleh karena itu TikTok adalah media promosi yang tepat untuk menjangkau target pasar Anda.

4. Hashtag untuk discover feed

TikTok mempunyai fitur hashtag (#) untuk memudahkan pengguna untuk mencari konten yang diinginkan. Kamu dapat memakai fitur ini dengan menambahkan hashtag yang cocok dengan tema, mudah diingat, serta relevan dengan produk Kamu. Tambahkan juga #fyp supaya konten Kamu muncul pada halaman pengguna lain. Umumnya, jika konten Kamu sudah berhasil masuk FYP, maka Kamu dapat memperoleh banyak like, komen dan share.

5. TikTok Ads

TikTok juga mempunyai platform ads yang dapat Kamu pakai untuk memaksimalkan jangkauan atau reach konten yang telah Kamu buat. Membuat TikTok ads sebenarnya tidak sulit, Kamu bisa menuju halaman TikTok, lalu mengisi beberapa form yang diminta. Kemudian Kamu dapat menentukan tujuan pembuatan iklan, menentukan target dan anggaran, memposting video atau foto, menambahkan Call To Action (CTA) iklan, dan selesai. CTA ini nantinya bisa mengarahkan pengguna untuk menuju website, melakukan penginstalan aplikasi, atau lainnya yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Untuk melihat seberapa efektif iklannya kamu dapat menggunakan tools dari pihak ketiga yang disebut tiktok analytics dimana tools ini dapat mengukur engagement atau interaksi dari iklan yang kamu jalankan