Jenis-jenis Tali Tambang dan Harganya

 

Siapa yang tidak mengenal tali tambang, tali yang sering kali kita gunakan untuk kebutuhan rumah tangga ini ternyata juga banyak digunakan oleh banyak industri, seperti industri lifting, packaging, perkapalan, towing, lashing dan juga oli dan gas. Selain itu ternyata tali-tali tambang ini memiliki berbagai jenis juga tipe sesuai dengan kebutuhan saat dilapangan.

Jenis Tali Tambang dan Harganya

Berikut adalah jenis-jenis tali dan harganya :

1. Tali Polypropylene

Harga dari tali Polypropylene berkisar pada Rp. 300.000,- belasan juta tergantung berapa meter yang anda butuhkan.

Tali jenis ini terbuat dari serat yang disebut dengan Polypropylene, serat tersebut dibuat oleh manusia. Jenis tali yang satu ini sangat cocok digunakan di air atau sekitarnya. Karena karakteristik dari tali ini yang tidak mudah rusak dan membusuk walau terendam air dalam waktu lama dan lagi tidak akan ada lumut yang akan menempel di permukaannya. Tali Polypropylene memiliki dua tipe tali, yaitu tali monofilament dan multifilament.

2. Tali Nilon

Harga dari tali Nilon berkisar pada Rp. 60.000,- sampai Rp. 500.000,- tergantung berapa meter yang anda butuhkan.

Wallace Hume Carothers, berasal dari Amerika dan seorang yang ahli dibidang kimia adalah penemu dari Tali Nilon. Tali yang memiliki karakteristik kuat, tahan lama, tahan gesekan dan elastis. Selain itu tali nilon juga memiliki kelebihan terhadap sinar Ultraviolet dan tali ini memiliki ketahanan terhadap bahan kimia.

3. Tali PE (Polyethylene)

Harga dari tali PE berkisar pada Rp. 500.000,- sampai Rp. 3.000.000,- tergantung berapa meter yang anda butuhkan.

Tali PE atau tali yang terbuat dari serat bernama Polyethylene ini mempunyai karakteristik tidak kaku (lentur), tahan terhadap bahan-bahan kimia, tahan terhadap sinar Ultraviolet dan bobotnya yang jauh lebih ringan dibanding jenis tali lainnya. Biasanya tali PE (Polyethylene) ini sering kali digunakan pada industri ;

4. Tali Manila

Harga dari tali Manila berkisar pada Rp. 350.000,- sampai Rp. 7.000.000,- tergantung berapa meter yang anda butuhkan.

Tali Manila terbuat dari sehat tumbuhan, biasanya dibuat dari tumbuhan sejenis pisang yang banyak tumbuh di negara Filipina. Tali Manila sering kali digunakan untuk membuat tangga tali atau tali penambat perahu, karena itu anda pasti sering melihat tali jenis ini di kapal-kapal.

Ternyata karena tali Manila memiliki tampilan yang natural, banyak juga dijadika sebagai dekorasi rumah atau cafe dan juga kantor untuk mengusung kesan natural atau minimalis. Selain itu, tali ini juga tidak mudah putus atau rusak, cukup lentur dan yang jelas tidak mudah terbakar.

Harga tali tambang diatas bukanlah harga pasti, karena setiap tali memiliki ketipisan dan ketebalan yang bervariasi. Tebal dan tipis dari setiap jenis tali, juga menjadi patokan bagi penjual. Biasanya semakin tipis diameternya, semakin murah harganya untuk detail selengkapnya baca di web resmi kami.