Ini Lho Kopi Arabica Yang Wajib Anda Ketahui

Ketika anda mendengar kata Arabica pasti yang terlintas di fikiran anda adalah bahwa kopi ini manis dengan harga yang mahal. Hal tersebut memang benar adanya. Kopi yang berasal dari Ethiopia Barat ini hadir dengan rasa yang lebih manis dan lebih mahal. Kenapa ia dinamakan kopi arabika? Hal ini karena pada abad ke 7, biji kopi ini dibawa ke dataran rendah di Arab sehingga lebih akrab dengan kata Arabica meskipun tempat budidayanya tidak berasal dari negara arab.

Kopi arabika adalah jenis kopi yang tidak mudah untuk di rawat karena sangat rentan terhadap hama dan penyakit. Pada umumnya jenis kopi ini tumbuh di daerah subtropics yang gembur, curah hujan merata serta cukup sinar matahari. Hal tersebut membuat kopi ini snagat popular di dunia termasuk Indonesia.

Rasa dari kopi Arabica

Secangkir kopi jenis Arabica dapat digambarkan aromatic dan kaya akan rasa. Rasanya yang manis akan tetapi ringan saat diminum. Arabica coffe mempunyai kadar kafein yang 2x lebih rendah dari robusta akan tetapi kadar gula yang lebih tinggi. Kopi ini juga mempunyai acidity yang lebih tinggi juga. Dikarenakan perawatan yang lebih sulit mengakibatkan kopi ini mempunyai harga yang lebih mahal.

Berbeda dari Arabica, kopi robusta sendiri hadir dengan harga yang lebih ramah. Tanaman ini mempunyai perawatan yang jauh lebih mudah apabila dibandingkan dengan kopi Arabica. Rahasia ketahanan tanaman kopi ini terletak pada kandungan kafein dan asam klorogeniknya yang tinggi. Hal ini menjadi alasan utama karena kandungan pestisida alami untuk melindungi diri dari serangan hama dan penyakit.

Rasa dari robusta

Seperti pada umumnya rasa dari kopi ini lebih pahit dan tajam dengan karakteristik seperti kayu dan karet. Rasa pahit ini berasal dari kafein yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kopi jenis Arabica. Kopi ini juga mempunyai kadar gula yang lebih rendah apabila dibandingkan dengan Arabica. Selain itu acidity yang juga lebih rendah dengan harga yang lebih murah.

Meskipun sering dikaitkan dengan kopi bubuk instan, kopi robusta ini dapat anda nikmati seperti menyeduh kopi Arabica dengan menggunakan metode seduh tertantu. Beberapa jenis robusta berkualitas tinggi juga dijual dengan harga yang lebih tinggi karena menghasilkan rasa yang lebih kental dan krema yang bagus untuk membuat espresso.

Pada akhirnya mau meminum ataupun menyeduh kopi kembali pada selera mana yang paling anda sukai. Apabila anda menyukai kopi Arabica maka tidak ada salahnya anda juga mencicipi kopi robusta sebagai sebuah perbandingan dan menghilangkan rasa penasaran anda pada cita rasa kopi tersebut. Begitu pula apabila anda menyukai kopi robusta maka tidak ada salahnya anda mencicipi Arabica dengan cita rasa yang cukup mahal.