Ingin Membuat Koin Kripto Anda Sendiri? Pertimbangkan Beberapa Poin Ini

Dunia kripto saat ini memang sedang booming, terlebih hadirnya metaverse yang mana mata uang kripto tersebut dapat di pakai di dalamnya. Akan tetapi sebelum  memutuskan untuk membuat koin Anda sendiri dan terjun di dunia cryptocurrency Indonesia, ada baiknya  Anda mempertimbangkan beberapa hal seperti  di bawah ini.

  1. Miliki Tujuan Penggunaan Yang Jelas

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membuat cryptocurrency Anda sendiri adalah menentukan tujuan Anda. Apakah bisnis Anda tertarik dengan pembuatan smart contract, validasi dan verifikasi data, atau  manajemen aset cerdas? Tentukan dengan jelas tujuan Anda di awal pembuatan aset kripto untuk memfasilitasi perencanaan Anda. Hal ini dapat membantu para investor dalam membuat pertimbangan agar melakukan investasi di koin Anda.

  1. Tentukan mekanisme konsensus Anda

Tip berikutnya tentang cara membuat cryptocurrency Anda sendiri  adalah menentukan mekanisme konsensus mana yang akan digunakan. Secara umum mekanisme konsensus adalah protokol yang menentukan apakah sebuah jaringan harus mempertimbangkan transaksi tertentu atau tidak. Semua node dalam transaksi tersebut harus memiliki konfirmasi tertentu untuk melakukannya. Ini juga dikenal sebagai “mencapai konsensus”. Anda akan memerlukan mekanisme untuk menentukan bagaimana variabel tersebut akan melakukannya. Mekanisme konsensus pertama adalah ProofofWork Bitcoin. Sementara ProofofStake adalah mekanisme konsensus populer lainnya. Terdapat banyak mekanisme konsensus lain juga, tentukan sesuai dengan kebutuhan aset kripto Anda.

  1. Blockchain yang akan Digunakan

Koin atau token yang Anda buat membutuhkan lingkungan atau tempat bernaung, wadah dan juga lingkungan tersebut dalam dunia kripto disebut dengan blockchain. Tiap blockchain tentu ada kelebihan, kekurangan dan juga peluang mereka masing-masing. Oleh sebab itu teliti terlebih dahulu blockchain aman yang kira-kira akan Anda gunakan.

  1. Rancang node yang akan digunakan dalam aset kripto Anda

Node adalah bagian penting dari teknologi buku besar terdistribusi (DLT), termasuk blockchain. Sebagai pencipta cryptocurrency, Anda perlu menentukan bagaimana tombol Anda akan bekerja. Apakah mereka ingin blockchain mengambil alih atau mengurangi hak? Seperti apa detail perangkat kerasnya? Bagaimana cara kerja penyimpanan? Itu semua juga harus Anda pertimbangkan sebelum memilih blockchain.

  1. Menentukan struktur internal blockchain Anda

Sebelum meluncurkan koin, pengembang harus memiliki keyakinan penuh pada semua fungsi blockchain dan desain node. Karena begitu mainnet diluncurkan, Anda tidak dapat mengubahnya. Inilah sebabnya mengapa perlu untuk menguji semua yang ada di testnet terlebih dahulu.

Membuat koin sendiri dalam dunia kripto sama saja dengan membuat perusahaan dalam dunia saham. Oleh sebab itu Anda harus memiliki nama, proyek, tim dan juga strategi pemasaran yang jelas yang kemudian bisa di tampilkan dalam sebuah website. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam mencari investor baru. Anda juga bisa menggunakan jasa Adwords dalam melakukan pemasaran online agar koin Anda lebih dikenal.