Destinasi Wisata Labuan Bajo Sebagai Wisata Alam dan Budaya

Labuan Bajo menjadi salah satu tempat wisata yang ada di Nusa Tenggara Timur. Tempat wisata yang satu ini menjadi tempat favorit para wisatawan karena keindahannya. Tak heran jika wisata Labuan Bajo adalah objek wisata yang paling banyak diminati.

Tujuan dari pengembangan daerah wisata di Labuan Bajo adalah untuk meningkatkan kinerja, yang ada di sektor ekonomi kreatif sekaligus juga pariwisata. Apalagi Labuan Bajo juga menjadi salah satu destinasi wisata super prioritas yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Proyeksi Destinasi Wisata Alam dan Budaya dari Wisata Labuan Bajo

Pengembangan wisata yang berbasis pada alam, budaya, serta religi tersebut telah menjadi bagian dari jelajah alam dan juga wisata yang dimana kedepannya pengembangan tempat wisata ini akan bekerja sama dengan Keuskupan yang ada di NTT.

Hal itu menjadi poin dalam pengembangan pariwisata di wilayah NTT terutama di daerah Labuan Bajo, dengan wisata yang berbasis pada alam dan budaya tersebut. Ada banyak jenis wisata yang bisa kamu nikmati di Labuan Bajo ini.

Misalnya wisata olahraga, wisata di alam terbuka dan juga budaya, wisata edukasi, dan lain sebagainya. Hal itu juga menjadi salah satu persiapan, untuk membuat wilayah Labuan Bajo menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Pada tahun depan dan tahun berikutnya akan diadakan event-event internasional di Labuan Bajo, maka hal itu juga menjadi persiapan bagi pemerintah khususnya Kemenparekraf.

Masyarakat di sekitar Labuan Bajo juga akan diajak untuk menyiapkan serta ikut mengembangkan potensi wisata, yang ada di sana.

Menteri Pariwisata menghimbau para pelaku di sektor ekonomi kreatif dan juga pelaku wisata untuk ikut berpartisipasi, tetapi dengan protokol kesehatan yang harus dipatuhi. Supaya Labuan Bajo juga menjadi daerah wisata yang siap untuk pulih dari masa pandemi saat ini.

Dalam waktu satu tahun berikutnya, Menteri Pariwisata juga menegaskan akan menyelesaikan upaya-upaya dalam mengembangkan tempat wisata di NTT tersebut. Misalnya dalam hal infrastruktur, produk wisata, interkoneksi, dan calender of events, yang didukung oleh masyarakat setempat.

Cahaya Gua Batu di Labuan Bajo

Untuk ikut mengembangkan potensi wisata di Labuan Bajo dan menjadi taraf internasional, maka kamu juga harus tahu ya tempat wisata menarik apa saja yang ada di Labuan Bajo.

Buat kamu yang tertarik dengan wisata alam, harus tahu bahwa di Labuan Bajo ada tempat wisata alam yang dinamakan Gua Batu Cermin yang cukup misterius. Hal ini telah menjadi fenomena langka di Labuan Bajo, tetapi tetap bikin penasaran para wisatawan yang datang ke sana.

Seperti kejadian yang terjadi di dalam film dengan tema fiksi ilmiah, Gua Batu ini mampu memantulkan cahaya pada dinding batu di dalamnya yang kemudian dapat merefleksikan cahaya kecil, pada wilayah lainnya di dalam gua sehingga tampilannya menyerupai cermin.

Sama dengan gua-gua lainnya di Indonesia, Gua Batu juga bisa meredam bunyi yang kedap suara. Maka tidak ada gaung/gema yang berasal dari bunyi apapun di sana. Gua Batu dapat ditempuh dengan waktu 15 menit saja, dari pusat kota.

Akses jalannya juga cukup mulus dan lancar, dengan jalan yang beraspal, dan kamu bisa menikmati deretan pemandangan alam yang hijau dan pepohonan di perjalanan. Terdapat fasilitas tempat parkir yang luas dan beberapa warung makan di sana.

Cuaca yang paling aman dan pas jika kamu berwisata ke Gua Batu adalah saat sedang musim panas, atau tidak sedang dalam kondisi musim hujan. Jika musim hujan tiba kondisi gua akan menjadi lembab, licin, dan agak berbahaya.

Cara Masuk ke Gua

Untuk bisa sampai ke dalam gua, kamu harus menaiki tangga bersemen terlebih dulu. Lalu nantinya ada jalur jalan yang cukup luas dan bisa dilalui dengan mudah. Kamu juga akan melihat banyak pohon yang akarnya merambat dan menempel di bagian dinding gua tersebut.

Kamu bisa menyalakan senter dari HP jika sudah masuk dan berada di dalam. Namun, penerangan yang dipakai tidak boleh terlalu banyak, karena temperatur udaranya bisa berubah.

Walaupun mengundang misteri, tetapi Gua Batu Cermin ini bisa menjadi destinasi wisata menarik saat kamu berada di tempat wisata Labuan Bajo. Dukung pengembangan wisata di sana, misalnya juga dengan berwisata ke pantai Labuan Bajo yang sangat indah.