Cara Paling Mudah Bagi Toko yang Akan Melakukan Pengajuan EDC BCA

Sudah tahukah Anda apa itu mesin EDC? Merupakan mesin electronic data capture atau orang lebih mudah mengenalnya dengan sebutan mesin EDC. Mesin ini dinilai sangat memudahkan untuk siapa saja yang punya usaha. Bagaimana tidak? Bagi konsumen yang kebetulan sedang belanja di tempat Anda dan mereka lupa membawa uang cash maka dengan adanya mesin EDC tersebut akan mempermudah konsumen untuk melakukan pembayaran barang belanjaan mereka. Dengan begitu tidak perlu ribet membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak ketika sedang belanja kebutuhan yang kira-kira jumlahnya nanti tidak sedikit. Jadi apabila Anda misalnya tertarik untuk menggunakan dan punya mesin EDC BCA di toko Anda pahami bagaimana langkah-langkah pengajuan EDC BCA

Sejatinya mesin ini sangat berfungsi untuk memberikan pelayanan khusus pada transaksi non tunai dengan menggunakan kartu debit atau kredit. Dengan begitu nanti langsung akan terhubung dengan nomor rekening bank pengguna kartu debit atau kredit tersebut yang mana nanti seluruh total barang belanjaan yang telah dibeli atau dipindahkan dari rekening pengguna untuk transaksi pembayaran pada saat itu juga. Biasanya mesin EDC ini disediakan oleh pihak bank yang akan membantu para konsumen untuk belanja atau untuk kebutuhan yang lain seperti tarik tunai, bayar e-tol dan tiket pesawat.

Apabila diperhatikan mesin ini bentuknya cukup sederhana dan ukurannya juga tidak terlalu besar. Akan tetapi fakta menyebutkan lain jika ternyata mesin ini bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi modern yang dibagi dalam 3 konektivitasnya. Jenis-jenis mesin EDC itu antara lain yakni fixed line, gprs mobile dan gprs. Lalu apakah memang jika para pelaku usaha ini sangat membutuhkan mesin EDC? Tentu karena zaman sekarang banyak masyarakat yang menggunakan transaksi non tunai karena dinilai tidak ribet dan lebih mudah. Oleh karena itu, misalnya Anda akan melakukan pengajuan EDC BCA untuk kepentingan usaha Anda, berikut cara yang paling mudah yang bisa Anda simak:

  • Siapkan dokumen

Syarat yang pertama adalah siapkan beberapa dokumen penting yang diantaranya adalah formulir pengajuan merchant BCA, kartu identitas berupa KTP, paspor dan KITAS atau KITAP untuk WNA. Selain itu juga harus punya NPWP dan tidak lupa menyertakan nomor induk usaha (NIB) atau bisa juga tanda daftar perusahaan (TDP). Dokumen lain yang juga harus dipersiapkan antara lain izin usaha, surat izin profesi serta punya surat pernyataan dan surat kuasa rekening settlement merchant BCA. Selain itu menyerahkan berita acara pengajuan usaha atau BAPU dan foto tempat usaha Anda. Jangan lupa sertakan surat pernyataan dan atau perjanjian kerja.

  • Proses pengajuan

Apabila syarat yang diminta sudah lengkap maka selanjutnya pemilik usaha bisa mengajukan EDC yang baru. Proses pengajuannya juga sangat mudah dan tidak butuh waktu yang lama. lalu dimana kita bisa mendapatkan formulir pengajuannya? Semua bisa Anda dapatkan dan akses di situs resmi BCA. Jika sudah maka tinggal tunggu waktunya kurang lebih 5 hari kerja yang mana nanti tim BCA akan menghubungi untuk pengumpulan data.

Dan satu hal yang perlu Anda tahu adalah jika Anda adalah pemilik usaha dan kebetulan akan pengajuan EDC BCA nanti akan dikenakan biaya potongan atau yang sering disebut dengan nama merchant discount rate (MDR). Jadi biaya ini dibebankan pada pemilik usaha dan bukan para pelanggan atau konsumen. Sedangkan untuk besaran beban potongan akan disesuaikan dengan kartu yang digunakan oleh pelanggan ketika sedang belanja di tempat Anda.