Cara Mengolah Jambu Kristal Menjadi Hidangan yang Nikmat dan Bermanfaat

Dalam perkembangannya dunia pertanian memang dipengaruhi juga oleh teknologi dan ilmu pengetahuan. Banyak dihasilkan jenis-jenis yang baru, seperti diantaranya adalah pada sayur dan buah-buahan. Mungkin banyak diantara Anda yang sudah tidak asing dengan buah jambu biji, jika dulu banyak orang yang kurang menyukai buah yang satu ini, karena banyak biji keras yang ada didalamnya, sehingga menyebabkan rasa kurang nyaman ketika mengonsumsi, maka sekarang muncul jenis baru yang lebih minim bijinya yaitu buah jambu Kristal.

Keunggulan Jambu Kristal

Jambu kristal ini pada dasarnya juga termasuk salah satu jenis jambu yang populer di pasaran saat ini, dibandingkan dengan jambu biji, ia menawarkan lebih banyak keunggulan, diantaranya adalah:

  1. Bisa berbuah sepanjang tahun, tidak seperti jambu biji biasa yang umumnya termasuk berbuah musiman, yaitu di musim penghujan saja nantinya ia akan berbuah. Maka buah jambu kristal terbilang tanaman yang bisa berbuah sepanjang tahun. Jadi bagi yang ingin membudidayakannya keuntungan juga tinggi.
  2. Rasa enak dengan tekstur renyah, banyak diantara Anda yang tentunya menyukai jambu dengan tekstur renyah bukan, apalagi jambu semacam ini memang lebih nikmat untuk dikonsumsi. Karena daging buahnya lebih tebal, jambu kristal memiliki tekstur yang lebih renyah juga.
  3. Minim biji, jumlah biji yang terkandung dalam buah jambu kristal ini lebih sedikit, bahkan tak jarang diantaranya yang tidak mengandung biji sama sekali. Sehingga lebih nyaman untuk mengonsumsinya.

Cara Mengolah Jambu Kristal

Selain dengan dikonsumsi secara langsung, pada dasarnya buah yang satu ini juga bisa diolah menjadi beragam jenis hidangan yang tak kalah nikmat, berikut ini diantara cara mengolahnya, yaitu:

  1. Asinan jambu, buah jambu kristal dapat dijadikan sebagai asinan yang lezat, salah satu makanan yang disukai oleh banyak orang, apalagi dengan manfaatnya yang cukup banyak bagi kesehatan.
  2. Rujak, makan rujak di siang hari tentunya sangat nikmat, diantara isian yang cukup menggoda adalah jambu ini, dipadukan dengan bumbu pedas manis yang nikmat.
  3. Jus jambu kristal, tak kalah menggoda dibandingkan dengan jambu biji biasa, maka jambu kristal ini juga dapat Anda buat sebagai jus, karena lebih minim jumlah biji, maka hasil akhirnya nanti akan lebih lembut dan nikmat.

Manfaat Jambu Kristal

Tentunya tak sekedar nikmat, melainkan buah jambu yang satu ini juga punya segudang manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah:

  1. Menjaga kesehatan sistem cerna, karena kandungan serat yang tinggi, maka jambu ini dikenal sangat bagus untuk memperlancar pencernaan. Membuat Anda terbebas dari gangguan pencernaan layaknya sembelit.
  2. Membantu tingkatkan sistem imun, vitamin C dalam buah jambu Kristal berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena termasuk sumber antioksidan yang sangat baik.
  3. Bantu turunkan berat badan, karena tinggi akan serat maka bagus untuk Anda yang sedang dalam program diet sehat, karena memberikan rasa kenyang lebih lama.
  4. Membantu jaga kesehatan mata, karena jambu ini juga kaya akan kandungan vitamin A.

Aneka sayuran, buah-buahan, daging, ikan, telur, bumbu dapur sampai dengan sembako sekarang ini dapat dibeli lebih mudah lewat fasilitas online, yaitu tanpa Anda harus kemana-mana. Cukup belanja lewat TaniHub saja, ecommerce berbasis aplikasi yang secara khusus menjual produk-produk hasil pertanian yang ada di Indonesia. Pilihannya lengkap dengan kondisi masih segar, jadi tak perlu ragu belanja di TaniHub.