Cara Membuat Musik Ditulis Untuk Lirik Anda

Jika Anda memiliki musik yang ditulis untuk kata-kata Anda, ketahuilah ini: Kesalahpahaman besar di antara calon penulis lirik, didorong oleh iklan di bagian belakang majalah, adalah bahwa penerbit lagu sedang mencari lirik. Mereka tidak, setidaknya jika mereka memiliki reputasi. Iklan tersebut menargetkan orang-orang yang kurang informasi dan “penerbit” yang menjalankannya menjalankan bisnis teduh di luar industri musik normal. Melodi yang mereka gunakan tidak dibuat khusus, itu adalah melodi stok yang digunakan berulang kali pada pelanggan baru. Lagu-lagu yang dihasilkan tidak berharga.

Penerbit lagu yang sah dan bereputasi baik meninjau demo lagu lengkap- baik musik maupun lirik- dan mengharapkan presentasi yang agak profesional: tanpa sensasi, lirik lagu diketik dengan rapi, dan yang terpenting, demo yang memenuhi standar industri.

Tangkapan-22 untuk sebagian besar penulis lirik adalah sangat sulit untuk menemukan penulis melodi profesional di sebagian besar wilayah lokal, namun mereka harus memiliki melodi khusus untuk didengarkan oleh seorang profesional industri. Dan sebagian besar penulis melodi pro tidak akan bekerja dengan siapa pun yang belum memiliki kesuksesan yang nyata.

Mengapa musisi lokal profesional tidak ingin menulis melodi untuk lirik Anda? Karena mereka mungkin memainkan musik secara langsung atau melakukan pekerjaan studio penuh waktu. Setiap waktu pribadi yang mereka miliki dihabiskan untuk proyek mereka sendiri. Untuk menghilangkan perasaan mereka mungkin mengatakan mereka akan mengerjakannya, tetapi mereka mungkin tidak akan melakukannya.

Beberapa saran:

1. Cobalah menyenandungkan download lagu mp3 melodi Anda sendiri. Sebagian besar layanan demo, termasuk milik saya, dapat bekerja dengan file mp3 apa pun kecuali Anda menyanyikan a capella, membiarkan melodi Anda menyarankan pengaturan akord.

2. Ada forum penulisan lagu online di mana orang terkadang secara sukarela menulis melodi hingga lirik. Sulit membayangkan seorang penulis melodi/musisi berbakat menghabiskan waktu untuk lirik penulis baru ketika mereka dapat bekerja dengan rekan-rekan atau menghabiskan waktu untuk lirik mereka sendiri tetapi itu terjadi.

3. Beberapa layanan demo, seperti milik saya, akan menulis melodi baik sebagai karya untuk disewa (berbasis biaya) atau tanpa biaya di muka (biasanya diperlukan kesepakatan untuk membagi royalti). Jika Anda mengikuti rute ini, pastikan melodi akan ditulis khusus untuk lirik Anda dan pasti meminta contoh kolaborasi mereka sebelumnya. Jika mereka tidak mau memberikan sampel, itu pertanda mereka tidak terlalu bangga dengan pekerjaan mereka.

Mudah-mudahan salah satu dari metode ini akan mengubah lirik Anda menjadi lagu dan demo yang lengkap dan Anda dapat melanjutkan ke fase pemasaran yang menarik: memasarkan lagu Anda ke produser industri musik, penerbit lagu… bahkan mungkin langsung ke artis favorit Anda!