Apa Obat Antidiabetes Sulfonilurea, Glimepiride?

Glimepiride adalah obat yang sering digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2. Obat ini termasuk dalam obat antidiabetes golongan sulfonilurea. Ia bekerja dengan merangsang pelepasan insulin dari pankreas, serta menurunkan produksi glukosa di hati. Efek samping yang paling umum adalah kadar gula darah rendah dan penambahan berat badan, tetapi ada juga beberapa efek samping lain yang kurang umum seperti reaksi kulit atau masalah ginjal.

Obat antidiabetik golongan sulfonilurea adalah kelompok obat yang digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2 pada mereka yang memiliki kadar glukosa darah tinggi yang tidak merespon perubahan gaya hidup dengan baik. Banyak obat lain dengan golongan ini telah ditarik dari pasar karena ditemukan menyebabkan peningkatan insiden penyakit kardiovaskular dan efek samping lainnya seperti penambahan berat badan, perubahan suasana hati, fotosensitifitas, kadar kalium rendah, pankreatitis, dan masalah hati.

Apa yang Dapat Saya Lakukan?

Ada banyak efek samping Glimepiride dan penting bagi Anda untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum memulai pengobatan baru serta berhenti minum obat lain yang saat ini Anda gunakan tanpa persetujuan dokter Anda. Bicarakan secara terbuka dengan mereka tentang efek samping yang Anda perhatikan saat minum obat ini sehingga mereka dapat mencari pilihan lain untuk Anda jika perlu. Tidak jarang mengalami kenaikan berat badan sebagai efek samping dari Glimepiride, tetapi penting untuk diingat bahwa akan ada saatnya kadar gula darah Anda terlalu rendah dan obat ini akan membantu mengendalikan kedua masalah tersebut. Glimepiride adalah obat yang dapat digunakan dengan aman selama Anda mengikuti petunjuk dokter tentang waktu dan cara meminumnya.

Jika Anda sedang menjalani pengobatan ini dan telah memperhatikan beberapa efek samping yang kurang umum, buatlah janji dengan dokter Anda untuk membahas apa yang telah terjadi. Lembar informasi yang disertakan dengan resep Anda harus memiliki daftar efek samping yang lebih umum dan akan sangat membantu untuk membicarakannya terlebih dahulu, tetapi jika Anda tidak memperhatikannya maka dokter Anda mungkin perlu memeriksa lembar itu lagi. Penting juga untuk dicatat bahwa beberapa efek samping mungkin hilang saat tubuh Anda menyesuaikan diri dengan pengobatan, tetapi lebih baik untuk membicarakan hal ini dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Apa yang Tidak Boleh Saya Lakukan?

Jangan berhenti minum obat ini tanpa berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu karena dapat menyebabkan kadar gula darah rendah yang parah bagi tubuh Anda yang bisa berbahaya. Jika Anda telah memutuskan untuk berhenti meminumnya, bicarakan dengan dokter Anda tentang cara terbaik untuk perlahan-lahan melepaskan diri dari obat sehingga tubuh Anda tidak mengalami perubahan kadar gula darah yang parah.

Jika Anda mengalami salah satu efek samping yang kurang umum, pastikan untuk membuat janji dengan dokter Anda untuk membahas cara terbaik untuk menangani masalah ini dan apakah mereka akan hilang atau tidak saat tubuh Anda menyesuaikan diri dengan pengobatan. Mengambil obat yang berbeda dapat membantu meringankan beberapa gejala yang lebih serius ini tanpa menyebabkan masalah apa pun bagi Anda.

Glimepiride sangat efektif untuk Anda yang menderita diabetes tipe 2, karena dapat menurunkan kadar glukosa darah. Harga Glimepiride 2 mg cukup terjangkau untuk Anda beli. Jika Anda ingin menggunakan obat ini, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.