7 Manfaat Daun Afrika

Salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaatnya adalah daun Afrika. Tanaman dengan nama latinnya Vernonia amygdalina ini berasal dari benua Afrika namun sudah banyak dikembangkan di Indonesia saat ini. Lalu apa saja manfaat daun Afrika? Untuk lebih jelasnya berikut ulasan dari berita terkini.

1. Mengobati Kanker Prostat

Manfaat daun Afrika untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mengobati kanker prostat. Kanker prostat yang disertai dengan buang kecil yang menyiksa ini seringkali terjadi pada pria yang berusia 40 tahun ke atas.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut anda bisa coba menggunakan daun Afrika ini, karena memang daun Afrika sangat efektif untuk mengatasi prostat. Dengan mengkonsumsi tanaman tanaman herbal yang satu ini, dapat meningkatkan aliran urin, sekaligus mengurangi rasa sakit.

Untuk mendapatkan manfaat daun Afrika ini, anda bisa meminum esktrak daun Afrika sebanyak satu gelas penuh empat kali sehari secara rutin. Setelah meminumnya, mungkin anda akan sering buang air kecil. Anda jangan khawatir ini merupakan bagian dari proses pembersihan.

2. Mengobati Kanker Payudara

Selain mengobati kanker prostat, daun Afrika juga terbukti dapat menurunkan kadar estrogen berlebih dalam darah yang bisa memicu peningkatan risiko kanker payudara. Inilah yang membuat tanaman yang satu ini diklaim mampu mengurangi risiko kanker payudara.

Bahkan, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak daun Afrika terbukti bisa membunuh sel kanker payudara, sel kanker di daerah hidung dan tenggorokan.

3. Mengatasi Peradangan

Manfaat daun Afrika selanjutnya adalah mengatasi peradangan. Daun Afrika ini bisa anda manfaatkan untuk mengobati penyakit radang seperti hepatitis, demam karena malaria, dan infeksi parasit kulit seperti kudis.

Selain itu, akar daun Afrika bisa digunakan untuk mengobati penyakit menular seksual,sedangkan kulit batangnya dapat meredakan demam akibat infeksi pada tubuh. Bukan hanya itu, dengan mengoleskan ekstrak daun Afrika pada luka terbuka, maka bisa membantu menyembuhkan luka dengan sangat cepat.

4. Meningkatkan Detoksifikasi

Daun Afrika dapat membantu dalam detoksifikasi ginjal dan hati yang merupakan organ utama yang memfasilitasi bahan limbah oleh tubuh. Dalam kondisi stres, enzim yang diproduksi oleh organ-organ ini bisa meningkat sehingga menyebabkan proses inflamasi. Nah, daun Afrika ini dapat membantu homeostasis organ-organ ini serta bisa mendukung fungsinya yang lebih maksimal.

Selain itu, tanaman ini juga dapat digunakan untuk pengelolaaan batu ginjal karena dapat meningkatkan aliran urin. Hal ini juga yang bisa mencegah perkembangan penyakit hati berlemak.

5. Menurunkan Kolesterol

Menurut sebuah penelitian daun Afrika diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam darah hingga 50% dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Seperti yang diketahui bahwa peningkatkan kolesterol HDL merupakan pemicu utama risiko terjadinya serangan jantung, stroke, dan penyakit Alzheimer. Sedangkan kolesterol yang baik justru bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan fungsi tubuh lainnya.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat daun Afrika untuk kesehatan lainnya adalah untuk mencegah penyakit jantung. Perlu diketahui bahwa daun Afrika ini mengandung asam linolenat (Omega 3) dan asam linoleat (Omega 6) yang sangat penting bagi tubuh, namun tidak diproduksi di dalam tubuh. Berdasarkan sebuah studi, asupan Omega-3 dan Omega-6 ini dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu, kedua asam lemak ini telah terbukti dapat melindungi dari penyakit jantung koroner, serangan jantung mendadak, gagal jantung, gangguan pembekuan darah, mengurangi risiko aterosklerosis, dan bersifat anti inflamasi.

7. Mendukung Produksi ASI

Tenyata daun Afrika juga sangat bermanfaat bagi seorang ibu. Selain dapat membantu proses kelahiran, daun Afrika juga dapat merangsang produksi ASI secara alami. Hal ini dikarenakan daun Afrika memiliki sifat galactagogue yang sangat berguna bagi ibu yang mengalami kesulitan menyusui untuk pertamakalinya.