6 Jenis Tanaman Hoya dan Cara Merawatnya

Jenis tanaman Hoya berasal dari Asia Timur dan sangat indah dan unik. Meski tidak sepopuler Anthurium dan Monster, hingga saat ini masih banyak orang yang mencarinya.

 

Hiasan yang menjuntai ini juga memiliki aroma harum yang menarik banyak penggemar. Jumlah spesies antara 200 dan 300 dan umumnya tumbuh lebih baik di iklim tropis.

 

Saat pertumbuhannya subur, daunnya akan menggantung indah. Bunganya membentuk pola berbentuk bintang dan berwarna cerah, tumbuh bergerombol. Sepintas, itu hampir terlihat seperti replika.

 

Pelajari Tentang 6 Tanaman Hoya

Tanaman hias Hayo terdiri dari beberapa jenis. Bagi yang belum mengetahui jenis-jenisnya, ciri-ciri masing-masing tumbuhan akan dibahas secara detail di bawah ini.

 

kayu manis hoya

Hal ini ditandai dengan daunnya yang berwarna hijau tua. Mudah dirawat seperti sukulen dan kaktus. Media tanam yang digunakan harus ditambahkan sedikit perlit.

 

Intensitas penyiraman bisa seminggu sekali karena membutuhkan sedikit air. Tanaman hoya datang dalam dua jenis, bunga ungu tua dan hijau cerah. Setelah bunga mekar, aromanya keluar.

 

Hoya Kerrii Variegata

Bentuknya yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Daunnya berbentuk seperti hati dan merupakan campuran hijau terang dan gelap.

 

Bunganya bulat dan ungu, dan kelopaknya berwarna putih atau kuning pucat. Jenis ini juga bagus untuk dekorasi rumah.

 

Hoya Archboldiana

Asli Indonesia, tanaman hoya gantung ini memiliki bentuk bunga melengkung yang menyerupai cangkir. Bentuknya sangat khas, dan dengan paduan warna merah marun semakin cantik.

 

hoyala kunosa

Ciri khasnya termasuk warna daun hijau tua. Bunganya kecil, harum, berwarna putih bersih dan bagian tengahnya berwarna kuning.

 

Hoya parasit

Perawatannya sangat sederhana, sehingga cocok bagi Anda yang tidak ingin repot memelihara tanaman. Bunganya berwarna putih pucat atau merah muda dengan warna tengah ungu.

 

Reinkarnasi Hoya

Di Indonesia, tanaman hoya ini mudah ditemukan dan sering menjadi liar. Meskipun banyak tumbuh di hutan, mengumpulkannya wajib bagi pecinta tanaman.

 

Hal ini dikarenakan varian warnanya yang cukup beragam, mulai dari krem, merah tua, putih hingga krem. Bunganya bergerombol membentuk lingkaran, hampir seperti bundar

 

Bagian tengah bunga berwarna putih pucat. Kelopaknya tipis dan melengkung ke atas. Bunga akan muncul di ujung cabang yang menjorok.

Baca Juga : snake plant temperature tolerance outside

Cara Merawat Tanaman Hoya Agar Tumbuh Berkembang

Proses penanamannya dimulai dengan menyediakan bibit dan media tanam. Pada umumnya menggunakan media tanam pakis cincang, arang, atau bata pecah. Jika menggunakan pakis cincang dan arang, gunakan rasio 1:1.

 

Jika menggunakan arang dan balok pinus, perbandingannya adalah 2:1. Begitu juga saat menggunakan pakis cincang dan potongan yang tidak stabil. Tempatkan media tanam di bagian bawah agar akar tetap terkuras.

 

Anda harus menyirami jenis tanaman hoya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan biarkan media tanam terlalu kering atau terlalu berair. Perendaman dalam air akan menyebabkan akar membusuk.

 

Oleh karena itu, Anda harus menyediakan drainase terbaik untuk menciptakan kondisi basah. Selain itu, tidak dapat terkena sinar matahari langsung, terutama pada siang hari.

 

Anda harus menyimpannya di tempat teduh agar daunnya tidak terbakar. Misalnya, di bawah payung atau menggunakan atap yang menghalangi sinar matahari.

 

Perawatan selanjutnya adalah dengan memberikan pupuk yang cukup. Pemupukan setiap 2 minggu sekali. Caranya dengan menyemprotkan pupuk cair pada daun. Tumbuh sangat cepat dan dapat mencapai ketinggian 3 meter.

 

Tanaman hoya ini tidak perlu dipangkas, karena sulur yang terletak di ujungnya merupakan tempat tumbuhnya daun baru dan bunga yang mekar. Suhu optimal untuk perawatan malam hari adalah 18 derajat Celcius.

 

Sedangkan suhu siang hari terbaik adalah 27 derajat Celcius. Jika menanam dalam pot, yang terbaik adalah meletakkannya di piring berisi air dan kerikil. Tujuannya untuk meningkatkan kelembapan.

 

Berbagai tanaman di atas memiliki keunikan bentuk dan warna. Semua bentuk bunga berbentuk bulat, seperti bulat. Anda harus mengidentifikasi setiap karakter sehingga Anda dapat membedakan setiap jenis tanaman hoya.

 

Suka topik tanaman kunjungi ALL ABOUT GARDENING