3 Kegiatan Mendukung Stamina Dan Imunitas Anak Selama Puasa

Puasa merupakan kegiatan menahan lapar dan dahaga pada waktu yang ditentukan. Bagi umat muslim, kegiatan berpuasa sendiri dijalankan pada sebelum fajar hingga terbenamnya matahari. Kegiatan ini sendiri menjadi kewajiban umat muslim dan dilaksanakan setiap bulan Ramadhan. Bahkan kegiatan ini perlu diajarkan dan dijalankan oleh anak – anak. Sebab itu, banyak orangtua ke gerai yang memberikan promo Dancow untuk menu pendamping sahur anak.

Anak disunahkan menjalankan puasa dan wajib diajarkan untuk melakukan puasa. Kegiatan puasa sendiri diawali dengan kegiatan sahur. Kegiatan sahur dijalankan sebelum subuh dengan mengonsumsi makanan dan minuman serta berakhir sebelum adzan salat subuh. Ketika mengajarkan anak untuk puasa, maka anak wajib sahur agar tidak lemas ketika menjalankan puasa. Sebab itu, beberapa toko akhirnya kerap mengadakan promo Dancow untuk membantu memenuhi energi anak.

Apa sih bedanya anak konsumsi susu atau tidak saat berpuasa? Konsumsi susu saat sahur bagi anak disarankan selama kegiatan puasa yang dijalankan. Susu mengandung berbagai nutrisi yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Selain itu, susu memberikan energi untuk menjalani hari dan mengenyangkan sehingga membantu anak menjalani kegiatannya. Selain itu, susu juga mampu menjaga tubuh stay hydrated.  Sehingga penting membeli susu di toserba yang berikan promo Dancow selama puasa untuk anak maupun keluarga.

Nah, bagi anda yang bingung menjaga nutrisi anak tetap terpenuhi selama berpuasa, berikut ini merupakan beberapa saran menjaga stamina dan imunitas anak selama berpuasa :

  • Memberikan menu makanan bergizi

Dalam mendukung anak berpuasa dan mencukupi nutrisinya, anda bisa menyediakan menu makanan yang bergizi dan seimbang sesuai kebutuhan nutrisi anak. Anda bisa memberikan makanan dengan piring berisikan karbohidrat, sayur dan lauk sebagai menu makanan utama. Usahakan porsi makan anak sesuai dengan kebutuhan energinya.

Bila anak malas makan selama menjalankan puasa, anda bisa mengkreasikan makanan sesuai menu favorit anak. Selain itu, anda bisa juga berkreasi menu menjadi menu yang enak dan nyaman dikonsumsi. Sediakan juga cemilan bernutrisi ketika berbuka seperti buah maupun makanan olahan yang menyehatkan.

  • Konsumsi cairan yang cukup

Salah satu nilai gizi yang dilewatkan anak saat berpuasa adalah konsumsi air yang cukup. Anda bisa membimbing anak dan membuat alarm untuk anak minum agar anak tetap terjaga cairan. Anda juga bisa memberikan anak segelas susu ketika sahur untuk menjaga kebutuhan cairan anak selama menjalankan puasa. Susu yang didapatkan saat belanja perlengkapan bayi bisa mencukupi kebutuhan cairan anak seharian selama berpuasa.

  • Sesuaikan jam tidur anak

Penyebab kondisi stamina anak menurun selama berpuasa adalah jam tidur anak yang berubah. Anak harus bangun pagi untuk sahur dan melakukan aktivitas seharian. Dalam mengatasinya, anda bisa mengajak anak tidur lebih cepat dan mengajak mereka tidur siang untuk menghemat kebutuhan energi dalam sehari mereka. Dengan begitu imunitas tubuh anak akan  terjaga.